Syarat dan Ketentuan
  1. Peserta untuk tingkat SMA adalah kelompok yang beranggotakan siswa SMA/MA sederajat yang terdiri dari 3 orang dan satu 1 pembimbing yang berasal dari sekolah yang sama
  2. Peserta untuk tingkat Mahasiswa adalah kelompok yang beranggotakan mahasiswa maksimal S1 yang terdiri dari 3 orang dan satu 1 pembimbing yang berasal dari universitas yang sama
  3. Peserta wajib mendaftarakan identitas kelompoknya secara online di official website Eureka! (eureka.fi.itb.ac.id). Mekanisme pendaftaran dapat dijelaskan sebagai berikut:
    1. Peserta mengisi form online yang tersedia pada official website Eureka! dengan konten berupa Nama Kelompok, Identitas Ketua dan Anggota Kelompok, Identitas Pembimbing, Identitas universitas (nama, alamat, dan kontak universitas), Email Kelompok (dapat menggunakan email ketua kelompok atau salah satu anggota), dan Password;
    2. Nama kelompok yang dibuat tidak boleh menyinggung SARA (Suku, Ras, Agama, dan Antargolongan) dan mengindikasikan hal-hal pornografi. Jika terdapat dua atau lebih kelompok dengan nama yang sama, maka kelompok yang berhak menggunakan nama tersebut adalah kelompok yang mendaftar lebih awal.
    3. E-mail dan password digunakan untuk membuat akun peserta dan akan terhubung pada cloud yaitu media unggah peserta yang dapat digunakan untuk keperluan seleksi antara lain unggah proposal, progress report, laporan akhir, dan presentasi;
    4. Peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 (peserta SMA) / Rp250.000,00 (peserta Mahasiswa) via Bank BNI dengan tujuan no. rekening 0417045235 atas nama sdri WAHYUNI ANDARIWULAN;
    5. Biaya pendaftaran dapat dipotong Rp50.000,00 (menjadi Rp150.000,00 untuk SMA dan Rp200.000,00 untuk mahasiswa), dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. Menambahkan Official Account LINE Eureka! 2018 dan memfollow Instagram Eureka! 2018
      2. Membagikan Official Account LINE Eureka! 2018 ke 10 Grup LINE/WA. Screenshot hasil tersebut dan kirimkan ke Official Account LINE Eureka! 2018.
      3. Memposting foto 1 tim disertai di media sosial Instagram disertai caption bebas dengan tema
        • Aku bakal ikut lomba Eureka!
        • Serta tag 5 teman lainnya yang tidak termasuk ke dalam tim.
    6. Setelah melakukan proses pembayaran biaya pendaftaran, peserta wajib mengirimkan sms konfirmasi pada panitia ke nomor 081267360153 (Kurniawan Kesuma Putra) dengan format konfirmasi (Nama Kelompok_Asal Universitas_Nama Pengirim);
    7. Akun peserta akan diaktifkan segera setelah peserta mengirimkan sms konfirmasi;
    8. Apabila akun telah dapat digunakan, peserta wajib mengunggah hasil scan atau foto bukti pembayaran maksimal sehari setelah konfirmasi pada media unggah yang disediakan panitia. Jika ketentuan ini dilanggar, maka akun peserta akan dihapus dari keikutsertaan Kompetisi RBL Eureka!.
  4. Proses seleksi Kompetisi RBL Eureka! dijelaskan sebagai berikut:
    1. Tahapan seleksi RBL Eureka! dibagi menjadi tiga kegiatan, yaitu (a) pengusulan (penyisihan), (b) pelaksanaan dan pelaporan (semifinal), dan (c) Presentasi (Grand Final);
    2. Tahapan proses diawali dengan pengusulan proposal oleh peserta bersama pembimbing. Peserta mengajukan proposal secara online dengan cara mengunggah proposal menggunakan akun masing-masing peserta. Kecermatan pengisian identitas dan ketaatan terhadap ketentuan format proposal menjadi sangat penting untuk dapat diproses. Format proposal dapat dilihat selengkapnya pada bagian Bab III Sistematika Proposal Kegiatan;
    3. Selanjutnya dilaksanakan evaluasi proposal. Penilai akan menitikberatkan pada aspek-aspek berikut:
      • kesesuaian persyaratan administrasi wajib (tanggal-bulan tahun proposal, tandatangan pengusul-pembimbing-tandatangan ketua dan cap lembaga SMA/MA, biodata yang ditandatangani, jumlah dan nomor halaman)
      • format proposal dan penulisan;
      • kesesuaian dengan obektif kompetisi RBL Eureka!;
      • berkesesuaian dengan ketentuan-ketentuan khusus;
      • efisiensi harga;
      • Tingkat kreativitas proposal.
    4. Proposal yang lolos seleksi evaluasi proposal akan diumumkan secara online pada official website Eureka!;
    5. Setiap individu atau kelompok yang dinyatakan lolos seleksi evaluasi proposal dapat segera merealisasikan rancangan kegiatannya. Pelaksanaan kegiatan RBL harus dicatat dalam bentuk laporan kemajuan dan didokumetasikan dalam bentuk video kemudian diunggah sebagai bagian proses penilaian oleh panitia. Laporan kemajuan dan video menjadi salah satu komponen penilaian penetapan peserta presentasi pada Grand Final Eureka!. Adapula sistem Wildcard yang akan dijelaskan lebih lanjut. Ketentuan pada tahap ini dapat dilihat selengkapnya pada bagian Bab IV Sistematika Laporan Kemajuan dan Video (Progress Report);
    6. Peserta yang lolos ke tahap Grand Final wajib membuat laporan akhir kegiatan dan bahan presentasi yang menjadi salah satu komponen penilaian dalam penetapan pemenang Kompetisi RBL Eureka!. Hal-hal yang berkaitan dengan laporan akhir dan presentasi karya pada Grand Final dapat dilihat selengkapnya pada bagian Bab V Sistematika Laporan Akhir dan Ketentuan Presentasi;
    7. Grand Final dilaksanakan di Kampus Ganesha Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha 10 Bandung. Akomodasi peserta selama di Bandung ditanggung panitia. Biaya transportasi peserta dari daerah asal menuju Bandung ditanggung oleh masing-masing peserta.
  5. Semua peserta akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan Kompetisi RBL Eureka! sesuai tahap yang berhasil dilalui.