SYARAT DAN KETENTUAN

Tujuan

Kompetisi RBL Eureka! adalah sebuah kompetisi penciptaan karya ilmiah berbasis RBL (Research Based Learning) yang diselenggarakan bagi siswa SMA/MA/sederajat se-Indonesia. Kompetisi ini merupakan berupa penciptaan produk sederhana melalui kegiatan RBL yang didasari atas karsa dan nalar dengan memanfaatkan konsep-konsep fisika serta dimaksudkan untuk menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu terkini. Kompetisi ini bersifat konstruktif dan harus mampu menghasilkan suatu model/barang atau prototipe dan sejenisnya yang merupakan hasil kreasi dan inovasi sendiri atau dapat berupa pengembangan serta penyempurnaan produk terancang sebelumnya.

Penyelenggara

Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) ITB, Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), ITB

Konsep Fisika yang bisa dipakai (minimal 1)

  1. Mekanika
  2. Mekanika adalah salah satu cabang dari bidang ilmu fisika yang mempelajari gerakan dan perubahan bentuk suatu materi dalam sistem tiga dimensi yang diakibatkan oleh gangguan mekanik yang disebut gaya. Dasar dari cabang ilmu mekanika adalah tiga hukum gerak yang didefinisikan oleh Isaac Newton. Banyak hal yang dapat dipelajari dengan menerapkan ilmu mekanika antara lain, kita dapat mempelajari seberapa jauh bola akan terbang setelah terkena tongkat baseball dan berapa kali pendulum akan berayun bolak-balik sebelum berhenti.

  3. Listrik Magnet
  4. Bidang ini adalah yang paling luas diterapkan dari semua cabang fisika. Kelistrikan dan magnetisme didasarkan pada hukum elektromagnetisme Maxwell, yang menjelaskan segala macam fenomena elektromagnetik. Para ilmuwan yang mengkhususkan diri dalam bidang elektromagnjetik menyelidiki fenomena seperti partikel bermuatan listrik, daya tarik magnet, dan medan elektromagnetik.

  5. Optik dan Gelombang
  6. Studi terkait gelombang melibatkan studi tentang bunyi (suara), getaran, dan gelombang di semua keadaan fisik materi yaitu padat, cair dan gas. Sementara itu studi terkait optik melibatkan studi tentang sifat dan perilaku cahaya termasuk di dalamnya interaksi cahaya, materi, dan energi. Gelombang dan optik tidak dapat dipisahkan karena cahaya merupakan salah satu gelombang elektromagnetik. Sebagai gelombang elektromagnetik, cahaya diklasifikasikan oleh para ilmuwan berdasarkan besar frekuensi dan panjang gelombangnya. Penerapan cabang ilmu ini salah satunya dapat membantu kita dalam mempelajari bagaimana suatu pembiasan (refraksi) dan pemantulan (refleksi) cahaya dapat terjadi.

  7. Termodinamika
  8. Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mengkaji tentang panas yang berpindah. Termodinamika adalah studi tentang bagaimana panas berkaitan dengan usaha dan energi. Terdapat empat hukum utama yang mendasari studi termodinamika yang pada dasarnya membahas mengenai kesetimbangan termal, konservasi energi, peningkatan entropi pada proses spontan, dan temperatur absolut.

Ketentuan Umum

  1. Peserta kompetisi RBL Eureka! adalah kelompok siswa SMA/MA/sederajat se-Indonesia yang terdiri dari 3 orang dan 1 guru pembimbing yang berasal dari sekolah yang sama.

  2. Peserta wajib mendaftarkan identitas kelompoknya lewat situs http://eureka.fi.itb.ac.id. Mekanisme pendaftaran sebagai berikut :

    • Peserta mengisi form online yang tersedia di website Eureka! dengan konten berupa Nama Kelompok, Identitas Ketua dan Anggota Kelompok, Identitas Pembimbing, Identitas Sekolah (nama, alamat, dan kontak sekolah), E-mail Kelompok (dapat menggunakan email ketua kelompok / salah satu anggota), dan Password.

    • Nama kelompok yang dibuat tidak boleh menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan) dan mengindikasikan hal-hal yang berbau pornografi. Jika terdapat dua / lebih kelompok dengan nama yang sama, maka kelompok yang berhak menggunakan nama tersebut adalah kelompok yang mendaftar lebih awal.

    • Email dan password digunakan untuk membuat akun peserta dan akan terhubung pada website simpan Eureka! , yaitu website untuk submit file-file peserta : proposal, progress report , laporan akhir, dan presentasi.

    • Peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,- via Bank BNI dengan tujuan nomor rekening 0305462926 atas nama Jalu Setiya Perdana

    • Setelah melakukan pembayaran, peserta wajib mengirimkan SMS konfirmasi pada panitia ke nomor 081369591135 dengan format : Nama Kelompok_Asal Sekolah_Nama Pengirim .

    • Akun peserta akan diaktifkan segera setelah peserta mengirimkan SMS konfirmasi.

    • Apabila akun telah aktif, peserta WAJIB mengunggah hasil scan / foto bukti pembayaran maksimal sehari setelah konfirmasi pada web simpan Eureka!. Jika ketentuan ini dilanggar, makan akun peserta akan DIHAPUS dari keikutsertaan kompetisi ini.

  3. Proses seleksi Kompetisi RBL Eureka! dijelaskan sebagai berikut :

    • Tahapan seleksi RBL Eureka! dibagi menjadi 3 kegiatan, yaitu : (a) pengusulan, (b) pelaksanaan dan pelaporan, dan (c) presentasi (Grand Final).

    • Tahap pertama diawali dengan pengusulan proposal oleh peserta bersama guru pembimbing. Peserta mengajukan proposal secara online dengan cara mengunggah proposal di web simpan Eureka! dengan akun masing-masing peserta. Kecermatan pengisian identitas dan ketaatan terhadap ketentuan format proposal menjadi sangat penting untuk dapat diproses. Format proposal dapat dilihat selengkapnya pada bagian Bab III Sistematika Proposal Kegiatan.

    • Selanjutnya dilaksanakan evaluasi proposal. Tim penilai akan menitikberatkan pada aspek-aspek berikut :

      1. Kesesuaian persyaratan administrasi wajib (tanggal-bulan-tahun proposal)

      2. Tanda tangan pengusul-pembimbing-tandatangan ketua dan cap lembaga SMA/MA/sederajat

      3. Biodata yang ditandatangani

      4. Jumlah dan nomor halaman

      5. Format proposal dan penulisan

      6. Kesesuaian dengan objektif Kompetisi RBL Eureka!

      7. Kebermanfaatan

      8. Efisiensi harga

      9. Tingkat kreativitas proposal

      10. Orisinalitas ide

      Proposal yang lolos seleksi akan diumumkan secara online pada web Eureka!

    • Setiap individu atau kelompok yang dinyatakan lolos seleksi evaluasi proposal dapat segera merealisasikan rancangan kegiatannya. Pelaksanaan kegiatan RBL harus dicatat dalam bentuk laporan kemajuan dan didokumentasikan dalam bentuk video, lalu diunggah ke website simpan Eureka! sebagai bagian proses penilaian oleh panitia. Laporan kemajuan dan video menjadi salah satu komponen penilaian penetapan peserta yang lolos ke tahap Presentasi Grand Final di ITB. Ketentuan pada tahap ini dapat dilihat selengkapnya pada bagian Bab IV Sistematika Laporan Kemajuan dan Video (Progress Report).

    • Peserta yang lolos ke tahap Grand Final wajib membuat laporan akhir kegiatan dan bahan presentasi yang menjadi salah satu komponen penilaian dalam penetapan pemenang Kompetisi RBL Eureka! . Hal-hal yang berkaitan dengan laporan akhir dan presentasi karya pada Grand Final dapat dilihat selengkapnya pada bagian Bab V Sistematika Laporan Akhir dan Ketentuan Presentasi.

    • Grand Final dilaksanakan di Kampus Ganesha Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha No. 10 Kota Bandung. Akomodasi peserta selama di Bandung ditanggung panitia. Biaya transportasi peserta dari daerah asal menuju Bandung ditanggung oleh masing-masing peserta.

  4. Semua peserta akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan Kompetisi RBL Eureka! sesuai dengan tahap yang berhasil dilalui.

Timeline

Hadiah

  1. Juara 1
    Berhak mendapatkan uang senilai Rp 7 JUTA + Trofi + Sertifikat

  2. Juara 2
    Berhak mendapatkan uang senilai Rp 5 JUTA + Trofi + Sertifikat

  3. Juara 3
    Berhak mendapatkan uang senilai Rp 3 JUTA + Trofi + Sertifikat

  4. Juara Harapan 1
    Berhak mendapatkan uang senilai Rp 1,5 JUTA + Sertifikat

  5. Juara Harapan 2
    Berhak mendapatkan uang senilai Rp 1 JUTA + Sertifikat

  6. Juara Harapan 3
    Berhak mendapatkan uang senilai Rp 0,5 JUTA + Sertifikat

Peserta

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)

  2. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang

  3. Berasal dari sekolah yang sama

  4. Setiap kelompok harus didampingi oleh seorang guru pembimbing

Download

  1. Rulebook

  2. Format proposal

  3. Panduan simpan Eureka!

  4. Format progress report