OVERVIEW

Salah satu indikator kemajuan suatu bangsa adalah produktivitas riset. Indonesia sebagai salah satu negara terbesar di Asia memiliki cita-cita untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan peradaban bangsa dan kesejahteraan rakyatnya. Beberapa negara yang sebelumnya banyak belajar dari kita malah memiliki kemajuan yang sangat pesat bahkan melampaui negara kita. Hal tersebut seharusnya menjadi motivasi bagi negara kita agar berubah menjadi Indonesia yang lebih baik, beradab, mandiri dan menjadi pemimpin peradaban.


riset vector

Rendahnya minat riset di Indonesia tidak hanya disebabkan oleh terbatasnya infrastruktur dan fasilitas pendorong riset. Tetapi juga karena kemauan dari warga negaranya yang relatif rendah dibanding negara lain. Hal ini dipicu oleh masa muda yang kurang terbiasa dengan kata 'riset', terutama pada zaman Sekolah Menengah Atas (SMA). Pola pikir kaum muda Indonesia tentang riset sangat negatif. Banyak yang memandang bahwa penelitian itu identik dengan susah dan rumit. Padahal, penelitian bisa berangkat dari hal-hal sederhana. Eureka! dimulai dari kegelisahan kaum muda Indonesia atas perkembangan riset negara ini. Oleh sebab itu, muncul sebuah semangat untuk mengembangkan riset dari hal-hal sederhana agar memajukan Bangsa Indonesia.


Research Based Learning (RBL)
Research Based Learning (RBL) merupakan sebuah metode penelitian sederhana. RBL adalah kegiatan membuat alat sederhana yang merupakan terapan dari ilmu-ilmu dasar yang telah didapat oleh kalangan sekolah atau kuliah. Metode ini dinilai sangat efektif untuk membangkitkan niat penelitian di Indonesia. Hal ini dikarenakan metode RBL merupakan metode yang sangat menyenangkan oleh kalangan kaum muda di Indonesia.


Eureka!
Kompetisi RBL Eureka adalah sebuah kompetisi berbasis RBL (Reseacrh Based Learning) yang diselenggarakan bagi siswa SMA/MA/sederajat se-Indonesia. Kompetisi ini merupakan kompetisi penciptaan produk sederhana melalui kegiatan RBL yang didasari atas karsa dan nalar dengan memanfaatkan konsep-konsep fisika serta dimaksudkan untuk menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu terkini. Kompetisi ini bersifat konstruktif dan harus mampu menghasilkan suatu model/barang atau prototipe dan sejenisnya hasil kreasi dan inovasi sendiri atau dapat berupa pengembangan serta penyempurnaan produk terancang sebelumnya.