ABOUT


Indonesia merupakan Negara yang memiliki cita-cita memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia. Indonesia dan Negara lain bersama-sama berjuang dalam memajukan bangsanya sendiri. Negara lain yang sebelumnya banyak belajar dari Negara Indonesia memiliki kemajuan yang sangat pesat bahkan melampaui Negara kita. Hal tersebut harusnya menjadi cambukkan untuk Negara kita agar berubah menjadi Indonesia yang lebih baik, beradab, mandiri, dan sejahtera.

Kemajuan serta berkembang tidaknya suatu Negara dapat ditentukan oleh sebuah penelitian di Negara itu. Indonesia adalah Negara yang memiliki jumlah populasi yang cukup tinggi dibandingkan dengan Negara lain, tetapi jumlah populasi itu berbanding terbalik dengan jumlah minat terhadap penelitian. Kurangnya kesadaran dan minat kearah penelitian sangat memicu kemunduran penelitian di Indonesia. Selain kurangnya dukungan moril dari pemerintahan Indonesia yang jika dibandingkan dengan Negara lain, ternyata salah satu faktor menurunnya minat penelitian di Indonesia adalah kaum muda Bangsa Indonesia yang tidak tau esensi sebuah penelitian. Pola pikir kaum muda Bangsa Indonesia tentang penelitian masih sangat negatif. Banyak yang memandang bahwa penelitian susah dan rumit. Padahal, penelitian bisa berangkat dari hal sederhana sehari-hari. Hal sederhana yang terciptakan oleh penelitian akan berdampak sangat signifikan terhadap kemajuan Indonesia. Eureka! dimulai dari kegelisahan kaum muda Indonesia atas kemajuan Negaranya sendiri. Oleh sebab itu, muncul lah sebuah semangat yang dimulai dari kaum muda Bangsa Indonesia untuk dapat berkontribusi dalam memajukan Bangsanya sendiri.

Research Based Learning
Research Based Learning (RBL) merupakan sebuah metode penelitian sederhana. RBL adalah kegiatan membuat alat sederhana yang merupakan terapan dari ilmu-ilmu dasar yang telah didapat oleh kalangan sekolah atau kuliah. Metode ini dinilai sangat efektif untuk membangkitkan niat penelitian di Indonesia. Hal ini dikarenakan metode RBL merupakan metode yang sangat menyenangkan oleh kalangan kaum muda di Indonesia.

Eureka!
Kompetisi RBL Eureka adalah sebuah kompetisi berbasis RBL (Reseacrh Based Learning) yang diselenggarakan bagi siswa SMA/MA dalam lingkup regional Jawa dan Bali. Kompetisi ini merupakan kompetisi penciptaan produk sederhana melalui kegiatan RBL yang didasari atas karsa dan nalar dengan memanfaatkan konsep-konsep fisika serta dimaksudkan untuk menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu terkini. Kompetisi ini bersifat konstruktif dan harus mampu menghasilkan suatu model/barang atau prototipe dan sejenisnya hasil kreasi dan inovasi sendiri atau dapat berupa pengembangan serta penyempurnaan produk terancang sebelumnya.